Rahasia Prediksi Deddy Cobuzier

by anggeresdoger

Pada awal piala dunia 2010 kita dikejutkan oleh prediksi Deddy Cobuzier yang mengaku bisa meramal pemenang piala dunia. Ia meletakkan ramalannya pada sebuah peti dan menggantungnya hingga akhir piala dunia. Yang mengagumkan adalah bahwa ramalannya tepat bahkan skor akhir pertandingan final pun dapat ia prediksi.

Bukan dengan maksud untuk menjatuhkan salah satu pihak, namun berikut ini saya berikan pendapat saya mengenai trik yang Deddy Cobuzier lakukan. Buat yang belum melihat acara pembuktian prediksinya dapat dilihat disini:

Nah mari kita bahas terlebih dulu mengenai trik prediksi melalui video tersebut.

Menurut saya, ada 2 kemungkinan bagaimana trik dilakukan.

Yang pertama adalah sebagai berikut:

1. Yang perlu diingat adalah orang yang memegang peti bukanlah penonton yang dipilih secara acak. Ia adalah kru dari Deddy Cobuzier. Sehingga ia merupakan orang yang membantu Deddy Cobuzier dalam melakukan trik. Bukti bahwa ia bukan penonton yang dipilih secara acak adalah ia mengenakan kaos bertuliskan (“Yes, I can read your mind!” – Deddy Cobuzier).

2. Pertama kali yang membuka gembok peti adalah ibu notaris (0:00 – 0:11). Namun mengapa kemudian dilanjutkan oleh Deddy Cobuzier (0:11 – 0:22). Seharusnya ibu notaris yang membuka semua gemboknya. Mengapa gembok tersebut harus dibuka oleh Deddy Cobuzier? Jawabannya adalah demi keamanan trik agar bu notaris tidak langsung membuka kotak karena memang sebenarnya kotak besar tersebut dari awal tidak ada isinya!

3. Setelah membuka gembok, Deddy Cobuzier kemudian mengalihkan perhatian ibu notaris dan semua penonton dengan cara memberikan kunci sambil berkata “Bu ini kunci disimpan, karena masih ada satu kunci lagi. Jadi gemboknya disimpan, kuncinya juga disimpan.” (0:22 – 0:29). Nah, pada saat itu, kru pembawa kotak memutar posisi kotak sehingga bila dibuka akan menghadap ke belakang panggung. Perhatikan juga bagaimana raut muka dan gerak-gerik kru yang sangat grogi saat memutar kotak tersebut!

4. Setelah posisi kotak dalam posisi aman, Deddy Cobuzier membuka kotak tersebut dan memasukkan tangannya ke dalam kotak! Apabila memang di dalamnya ada prediksi, untuk apa Deddy Cobuzier melakukan hal tersebut? Sangat tidak beralasan! Seharusnya yang membuka kotak tetap ibu notaris tadi! Nah pada saat inilah sebenarnya trik dilakukan. Deddy Cobuziermemasukkan peti kecil ke dalam kotak tersebut. Bukti bahwa ia memasukkan peti kecil ke dalam kotak adalah terdengar bunyi “klotak! tak!” (0:32). Menurut saya Deddy Cobuzier tidak memperhitungkan bahwa mic yang dipakai dalam acara tersebut terlalu peka sehingga saat ia melakukan trik memasukkan peti kecil tersebut menimbulkan suara yang masuk ke mic. Perhatikan pula reaksi kru dan ibu notaris sesaat setelah terdengar suara jatuhnya peti kecil ke dalam kotak! Ibu notaris nampak menyadari ada sesuatu yang dimasukkan oleh Deddy Cobuzier sehingga menimbulkan suara dan ibu notaris sempat terdiam dan saat itu pula kru menatap tajam ke arah ibu notaris (0:33)!

5. Terakhir, yang mengeluarkan peti kecil adalah dubes AS dan saat dikeluarkan sang dubes nampak kesulitan karena peti kecil menempel pada dasar kotak (1:07 – 1:12). Saat itu Deddy berkata “Harus ditarik kencang karena kita lem.”. Untuk apa sebenarnya dia me-lem peti kecil tersebut bila nantinya memang akan diangkat kembali saat akhir piala dunia? Sangat tidak beralasan dia me-lem peti tersebut. Menurut saya, sebenarnya itu bukan lem melainkan terdapat magnet pada peti kecil dan dasar kotak. Untuk apa ada magnet yang menyatukan peti kecil dan dasar kotak? Yang pertama adalah untuk keamanan trik dimana bila kotak diguncang sebelum dibuka tidak akan terdengar suara dengan alasan peti kecil di dalamnya di-lem walaupun sebenarnya memang di dalamnya belum ada peti kecil tersebut. Kedua adalah demi lancarnya trik saat Deddy Cobuzier memasukkan peti kecil ke dalam kotak sehingga peti kecil tersebut langsung masuk melekat ke dasar kotak tanpa terguling! Namun kesalahannya adalah magnet tersebut malah memberi tarikan yang lebih antara peti kecil dan dasar kotak sehingga bunyi benturan yang dihasilkan semakin keras hingga masuk mic.

Kemungkinan kedua:

Hampir sama dengan trik diatas, namun apabila memasukkan peti terakhir dianggap terlalu beresiko, berarti trik yang digunakan adalah memasukkan kertas prediksi ke dalam peti kecil yang memang sudah ada di dalam. Bunyi “klotak! tak!” (0:32) merupakan bunyi disaat kertas dimasukkan melalui panel tersembunyi pada peti kecil.

Yak.. itulah menurut saya trik yang Deddy Cobuzier lakukan..

Iklan